SatuanPendidikan       : SMA Negeri 1 Indralaya Utara
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Program Pilihan           : IlmuPengetahuanSosial (IPS)
AlokasiWaktu :2 x45Menit
(1 x TatapMuka)
A. StandarKompetensi
Ø  Memahamiwacanatulisberbentukpaparanatau
dialog sederhanatentangkehidupankeluarga
B. KompetensiDasar
Ø  Mengidentifikasiisibacaansecaratepat
Ø  Memahamitatabahasaarab
kata gantisecaratepat
C. Indikator
Ø  Membacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø  Mendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø  Menjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø  Menyebutkanhurufmufrod,
musanna, danjamak
Ø  Memahamikalimatbahasaarabdariwacana
yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø  Menyimakbacaanpercakapandari
guru atausiswa
D. TujuanPembelajaran
Ø  Siswadapatmembacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø  Siswadapatmendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø  Siswadapatmenjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø  Siswadapatmenyebutkanhurufmufrod,
musanna, danjamak
Ø  Siswadapatmemahamikalimatbahasaarabdariwacana
yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø  Siswadapatmenyimakbacaanpercakapandari
guru atausiswa
E. MateriPokok/Bahan Ajar
Ø  Menyimakwacana
yang memuatkosa kata polakalimatdanpercakapankomunikasitentang percakapan( muhadatsah )
F. MetodePembelajaran
Ø  Metodelangsung/Ceramah
Ø  MetodeIntegratif/BerbicaradanMenulis
Ø  Demonstrasi
Ø  PemberianTugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
                        KegiatanAwal
Ø  Guru
membukapelajarandenganmengucapkanbasmalah,
dilanjutkandenganmengadakanpertannyanpelajaran yang lalu
Ø  Guru
memintakepadasiswamenjelaskanintisaridaripelajarandahulu
Ø  Guru
memberikanpenyegaransebuahcerita yang berkaitandenganpembelajaransekarang
Ø  Siswadimintauntukmembukabukupelajaranbahasaarab
KegiatanInti
Ø  Guru memberikankosa
kata/mufrodatbaru
Ø  Siswadimintauntukmenuliskosa
kata secaraimla’
Ø  Guru
memberikanartikosa kata dengan media gambarataumemakaikartu
Ø  Siswamembuatkalimatdarikosa
kata danditerjemahkandalambahasa Indonesia
Ø  Guru
meyimpulkanpelajarandanmemberikankepadasiswamotivasi
KegiatanAkhir
Ø  Guru
memberikancaramenulis kata dankalimatdalambahasaarab
Ø  Guru
memberikantugaskepadasiswa
Ø  Guru
menutuppelajarandenganmengucapkanalhamdulilahdan di akhiridengansalam
H.
SumberBelajar
Ø  BukuPelajaranBahasa
Arab KhususSMA dariDirjen. Pendidikan
Ø  BukuPenunjangNahwal
Al-WadhihJilid 1 Ali Jaromi
Ø  KamusKontemporer
Arab-Indonesia, Mahmud Yunus, Jakarta PT HidakaryaAgung 2005
 I. PenilaianHasilBelajar
JenisTagihan
Ø  Test Lisan
Ø  Test tertulis
Mengetahui                                                                                         Indralaya,Februari
2011
KepalaSekolah,                                                                                   Guru
Mata Pelajaran
Drs. Fatoni                                                                                          QoriPratama,
S.Pd,i
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar