Laman

13 Agustus, 2012

Perencanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan       : SMA Negeri 1 Indralaya Utara
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Program Pilihan           : IlmuPengetahuanSosial (IPS)
AlokasiWaktu :2 x45Menit (1 x TatapMuka)
A. StandarKompetensi
Ø  Memahamiwacanatulisberbentukpaparanatau dialog sederhanatentangkehidupankeluarga
B. KompetensiDasar
Ø  Mengidentifikasiisibacaansecaratepat
Ø  Memahamitatabahasaarab kata gantisecaratepat
C. Indikator
Ø  Membacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø  Mendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø  Menjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø  Menyebutkanhurufmufrod, musanna, danjamak
Ø  Memahamikalimatbahasaarabdariwacana yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø  Menyimakbacaanpercakapandari guru atausiswa
D. TujuanPembelajaran
Ø  Siswadapatmembacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø  Siswadapatmendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø  Siswadapatmenjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø  Siswadapatmenyebutkanhurufmufrod, musanna, danjamak
Ø  Siswadapatmemahamikalimatbahasaarabdariwacana yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø  Siswadapatmenyimakbacaanpercakapandari guru atausiswa


E. MateriPokok/Bahan Ajar
Ø  Menyimakwacana yang memuatkosa kata polakalimatdanpercakapankomunikasitentang percakapan( muhadatsah )
F. MetodePembelajaran
Ø  Metodelangsung/Ceramah
Ø  MetodeIntegratif/BerbicaradanMenulis
Ø  Demonstrasi
Ø  PemberianTugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
                        KegiatanAwal
Ø  Guru membukapelajarandenganmengucapkanbasmalah, dilanjutkandenganmengadakanpertannyanpelajaran yang lalu
Ø  Guru memintakepadasiswamenjelaskanintisaridaripelajarandahulu
Ø  Guru memberikanpenyegaransebuahcerita yang berkaitandenganpembelajaransekarang
Ø  Siswadimintauntukmembukabukupelajaranbahasaarab
KegiatanInti
Ø  Guru memberikankosa kata/mufrodatbaru
Ø  Siswadimintauntukmenuliskosa kata secaraimla’
Ø  Guru memberikanartikosa kata dengan media gambarataumemakaikartu
Ø  Siswamembuatkalimatdarikosa kata danditerjemahkandalambahasa Indonesia
Ø  Guru meyimpulkanpelajarandanmemberikankepadasiswamotivasi
KegiatanAkhir
Ø  Guru memberikancaramenulis kata dankalimatdalambahasaarab
Ø  Guru memberikantugaskepadasiswa
Ø  Guru menutuppelajarandenganmengucapkanalhamdulilahdan di akhiridengansalam






H. SumberBelajar

Ø  BukuPelajaranBahasa Arab KhususSMA dariDirjen. Pendidikan
Ø  BukuPenunjangNahwal Al-WadhihJilid 1 Ali Jaromi
Ø  KamusKontemporer Arab-Indonesia, Mahmud Yunus, Jakarta PT HidakaryaAgung 2005
 I. PenilaianHasilBelajar
JenisTagihan
Ø  Test Lisan
Ø  Test tertulis


Mengetahui                                                                                         Indralaya,Februari 2011
KepalaSekolah,                                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. Fatoni                                                                                          QoriPratama, S.Pd,i







Tidak ada komentar:

Posting Komentar