SatuanPendidikan : SMA Negeri 1 Indralaya Utara
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Program Pilihan : IlmuPengetahuanSosial (IPS)
AlokasiWaktu :2 x45Menit
(1 x TatapMuka)
A. StandarKompetensi
Ø Memahamiwacanatulisberbentukpaparanatau
dialog sederhanatentangkehidupankeluarga
B. KompetensiDasar
Ø Mengidentifikasiisibacaansecaratepat
Ø Memahamitatabahasaarab
kata gantisecaratepat
C. Indikator
Ø Membacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø Mendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø Menjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø Menyebutkanhurufmufrod,
musanna, danjamak
Ø Memahamikalimatbahasaarabdariwacana
yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø Menyimakbacaanpercakapandari
guru atausiswa
D. TujuanPembelajaran
Ø Siswadapatmembacawacanadenganmemahamikonteksnya
Ø Siswadapatmendeskripsikangagasandariwacanatentangkehidupankeluarga
Ø Siswadapatmenjelaskanhurufmuzakkardanmuannas
Ø Siswadapatmenyebutkanhurufmufrod,
musanna, danjamak
Ø Siswadapatmemahamikalimatbahasaarabdariwacana
yang di deskripsikanoleh guru atausiswa
Ø Siswadapatmenyimakbacaanpercakapandari
guru atausiswa
E. MateriPokok/Bahan Ajar
Ø Menyimakwacana
yang memuatkosa kata polakalimatdanpercakapankomunikasitentang percakapan( muhadatsah )
F. MetodePembelajaran
Ø Metodelangsung/Ceramah
Ø MetodeIntegratif/BerbicaradanMenulis
Ø Demonstrasi
Ø PemberianTugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
KegiatanAwal
Ø Guru
membukapelajarandenganmengucapkanbasmalah,
dilanjutkandenganmengadakanpertannyanpelajaran yang lalu
Ø Guru
memintakepadasiswamenjelaskanintisaridaripelajarandahulu
Ø Guru
memberikanpenyegaransebuahcerita yang berkaitandenganpembelajaransekarang
Ø Siswadimintauntukmembukabukupelajaranbahasaarab
KegiatanInti
Ø Guru memberikankosa
kata/mufrodatbaru
Ø Siswadimintauntukmenuliskosa
kata secaraimla’
Ø Guru
memberikanartikosa kata dengan media gambarataumemakaikartu
Ø Siswamembuatkalimatdarikosa
kata danditerjemahkandalambahasa Indonesia
Ø Guru
meyimpulkanpelajarandanmemberikankepadasiswamotivasi
KegiatanAkhir
Ø Guru
memberikancaramenulis kata dankalimatdalambahasaarab
Ø Guru
memberikantugaskepadasiswa
Ø Guru
menutuppelajarandenganmengucapkanalhamdulilahdan di akhiridengansalam
H.
SumberBelajar
Ø BukuPelajaranBahasa
Arab KhususSMA dariDirjen. Pendidikan
Ø BukuPenunjangNahwal
Al-WadhihJilid 1 Ali Jaromi
Ø KamusKontemporer
Arab-Indonesia, Mahmud Yunus, Jakarta PT HidakaryaAgung 2005
I. PenilaianHasilBelajar
JenisTagihan
Ø Test Lisan
Ø Test tertulis
Mengetahui Indralaya,Februari
2011
KepalaSekolah, Guru
Mata Pelajaran
Drs. Fatoni QoriPratama,
S.Pd,i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar