SATUAN ACARA PERKULIAHAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
A. PENGANTAR IDENTITAS
Nama Mata
Kuliah : SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Jurusan
: PGMI, Matematika, Biologi, Bahasa Arab
Nama
Dosen
: Yulia Tri Samiha, MPd
Email
: yyyulia_samiha@yahoo.co.id
Blog
: yuliatrisamiha.blogspot.com
HP
: 08127815380
B. DISKRIPSI MATA KULIAH SOSIOLOGI
PENDIDIKAN
Mata kuliah
ini membahas tentang struktur dan proses-proses sosial yang terjadi dalam
pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lainnya. Pendidikan ini tidak
hanya pendidikan formal melainkan juga pendidikan informal dan nonformal.
Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi : Pengertian konsep
sosiologi pendidikan, pengertian pendidikan dan stratifikasi, pengertian
pendidikan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial,
pendidikan dan profesionalisme, pendidikan dan aspek politik.
C. KOMPETENSI
1. Tujuan pembelajaran
:
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Mampu menjelaskan berbagai konsep pokok sosiologi
pendidikan, ruang lingkup sosiologi pendidikan
b. Mampu menjelaskan proses sosial yang terjadi dalam
pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lain seperti : Pendidikan dan
stratifikasi serta pendidikan dan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan
dan perubahan sosial, pendidikan dan profesionalisme, pendidikan dan aspek
politik.
D. MATERI
NO
|
PERTEMUAN
|
DISKRIPSI MATERI
|
1
|
I
|
1. Kontrak Perkuliahan
Kesepakanan kontrak mata kuliah, SAP,
Referensi mata kuliah.
2. Sosiologi pendidikan
Pengertian-pengertian
konsep dan ruang lingkup sosiologi pendidikan, tujuan dan manfaat mempelajari
sosiologi
pendidikan,
pentingnya mempelajari sosiologi pendidikan
|
2
|
II
|
3. Peletak dasar sosiologi pendidikan
4. beberapa teori sosiologi yang menganalisis pendidikan
|
3
|
III
|
5.
Perkembangan konsep pendidikan dan klasifikasi
pendidikan
|
4
|
IV
|
6.
Perkembangan konsep pendidikan, pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non
formal
|
5
|
V
|
UTS
|
6
|
VI
|
7. Pendidikan dan stratifikasi serta
pendidikan dan mobilitas
|
7
|
VII
|
8. Sifat
stratifikasi sosial, hubungan antara status sosial keluarga dengan pendidikan, diterminan
mobilitas sosial, pendidikan sebagai saluran mobilitas
|
8
|
VIII
|
9.
Pendidikan dan ekonomi
10.
Kontribusi pendidikan terhadap kesuksesan ekonomi.
11.
Tantangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini (kasus)
|
9
|
IX
|
12.
Pendidikan dan perubahan sosial
13.
Konsep-konsep perubahan sosial,
14.
Pendidikan sebagai sosialisasi kebudayaan,
15.
teori-teori perubahan sosial budaya
|
10
|
X
|
16. Pendidikan dan profesionalisme
17. Ciri-ciri umum dari pekerjaan atau jabatan
sebagai
profesi,
munculnya pengajaran sebagai perkembangan,
profesionalisasi,
organisasi profesional
|
11
|
XI
|
18.
Pendidikan dan aspek politik
19. Makna
demokrasi, tantangan pendidikan
dalam pembangunan politik
|
12
|
XII
|
UAS
|
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Perkuliahan dilakukan dalam bentuk
presentasi dan diskusi kelas yang akan disampaikan oleh dosen. Disamping itu
mahasiswa diberi tugas mencari artikel dan meresume bahan kuliah yang berkaitan
dengan Sosiologi Pendidikan sesuai ketentuan dan didiskusikan di dalam kelas.
F. REFERENSI
1. Adiwikarta, Sudardja ( 1988 ) Sosiologi Pendidikan
Isyu dan Hipotesis tentang Hubungan
pendidikan dengan Masyarakat
2. Ahmadi,
Abu (1991) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
3. Dimyati, Mahmud (1989) Dasar-Dasar Sosiologi
Pendidikan, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi.
4. Gunawan, Ary, (2000) Sosiologi Pendidikan Suatu
Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
5.Karsidi, Ravik, (2005) Sosiologi Pendidikan,
Surakarta, Penerbit Lembaga Pengembangan
Pendidikan (LPPS) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS
6. Jong De.
S. C. N (1984) Sosiologi Pendidikan, Jakarta .PT Sangkala
7. Manan, Imran (1989) Dasar-Dasar Sosial Budaya
Pendidikan, Jakarta (Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi.
.
8. Nasution
(1995) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara
9. Qomari, Anwar (2004) Profesi Jabatan Kependidikan
dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran, Uhamka Press
10. Robinson
Philip, (1981) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali
11. Swift, F. D (1989) Sosiologi Pendidikan Pada
Perspektif Pendahuluan Analitis,
Jakarta, Penerbit Bharat
12. Sanafiah
, Faisal, Sosiologi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional
13.
Soetjipto ( (1994) Profesi KeguruanJakarta, Rineka Cipta
.
14.
Sanderson k Stephen (2000) Makro Sosiologi, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
15.
Vemriarto (1982 ) Sosiologi Pendidikan, Jogjakarta, Yayasan Paramita
16. Wuradji,
(1988) Sosiologi Pendidikan Sebuah Pendekatan Sosiologi-Antropologi,
Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi
17. Oneil F
William, (2002) Idiologi-Idiologi Pendidikan, Pustaka Pelajar, Jogyakarta.
18. Zamroni,
( 2001) Pendidikan Untuk Demokrasi, Jogjakarta, Bigraf
G.
EVALUASI
- Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
- Penilaian hasil belajar melalui tugas individu/kelompok.
- UTS : 30 % (N1)
- UAS : 40 % (N2)
- Penugasan : 20 % (N3)
- Performan : 10 % (N4)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar