Nama
Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Negeri
1 Palembang
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX/ I
Tema : perkenalan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Menyimak
Ø Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan
(Berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang تتعلم
الحسا ب
2.
Berbicara
Ø Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang تتعلم الحسا ب
3.
Membaca
Ø
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog
sederhana, baik melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok
pikiran tentang تتعلم الحسا ب
4.
Menulis
Ø
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi melalui
kegiatan meringkas dan menulis tentang تتعلم الحسا ب
II.
Kompetensi
Dasar
1. Menyimak
§
Siswa mampu menyimak dalam bahasa arab tentang تتعلم
الحسا ب dengan struktur kalimat dasar yang mengandung
angka belasan dan puluhan
§
Siswa dapat menyimak dengan baik dan benar tentang تتعلم الحسا ب
2. Berbicara
§
Siswa mampu berbicara dalam bahasa arab tentang تتعلم
الحسا ب dengan pengucapan yang fashih
§
Siswa dapat berbicara dalam bahasa arab dengan percakapan dan struktur
kalimat yang meliputi bilangan
3.
Membaca
§
Siswa mampu membaca dalam bahasa arab tentang تتعلم
الحسا ب dengan melafalkan huruf hijaiyah, kata, frasa
dan Intonasi yang jelas
§
Siswa dapat menemukan ininformasi dari wacana tulis sederhana tentang تتعلم الحسا ب
4.
Menulis
§
Siswa mampu menulis dalam bahasa arab tentang تتعلم
الحسا ب dengan imla’ yang benar
§
Siswa dapat menulis paragraf sederhana tentang bilangan dan kegiatan
sehari-hari
III.
Indikator
·
Mengucapkan mufradat baru dengan lafal yang baik dan benar
·
Mengucapkan materi muhadasah dengan lafal dan intonasi yang baik dan
benar
·
Mendemonstrasikan materi muhadasah secara berpasangan
·
Menggunakan mufrodat dalam kalimat yang disediakan dengan tepat
·
Melakukan tanya jawab dengan mufradat dan struktur kalimat yang
diajarkan
·
Melafalkan bahan Qira’ah dengan intonasi baik dan benar
·
Menjawab pertanyaan atau latihan tentang kandungan bahan Qira’ah
dengan baik dan benar
·
Menulis kalimat-kalimat arab melalui Imla’ manqul
·
Menggunakan mufradat dengan tepat dalam kalimat-kalimat yang
disediakan
·
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
·
Menyusun kalimat dengan mengunakan kata-kata yang disediakan
·
Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan yang disediakan
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Setelah siswa mengikuti pelajaran ini dapat berbicara,
berinterakasi sama kawanya yang mahir dalam berbahasa arab
V.
Metode
Pembelajaran
1. Tanya Jawab
2. Latihan
3. Demonstrasi
4. Tebak kata
VI.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1
|
KEGIATAN
AWAL
·
Salam
dan apersepsi:
Membaca basmalah, mengabsen siswa, dan
menanyakan materi yang terdahulu.
·
Motivasi
Pemberian motivasi atau semangat
belajar kepada para siswa.
.
|
15 Menit
|
2
|
KEGIATAN INTI
·
Guru
menjelaskan materi perkenalan
secara singkat
·
Guru
menyuruh siswa maju
memperkenalkan diri
·
Guru menyuruh beberapa orang siswa untuk
mendemonstrasikan materi secara
individu
·
Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab dikelas
dan guru sebagai fasilitator
·
Guru
mencermati pertanyaan siswa dan berusaha memberikan penjelasan dan jawaban
yang tepat.
|
60 Menit
|
3
|
KEGIATAN
AKHIR
·
Menyimpulkan materi yang telah
dipelajari bersama
·
Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru
|
15 Menit
|
VII. Sumber/Bahan/Alat
1.
Buku
Fashih Arab MTs 2 R1 terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
2.
Buku-buku
bahasa arab lain yang relevan dan internet
3.
Kamus Bahasa Arab
VIII. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta
menyebutkan serta menjelaskan identitas diri
mereka
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis
tentang materi yang telaH di pelajari
Mengetahui, Palembang, Maret
2013
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Arab
Drs, Jumadi Kardi, MM Qori
Pratama, S.Pd,I
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar